Cara Membersihkan Efek Pomade dari Rambut

Hai greaser tanah air. Pertama-tama saya mau ngasih berita duka nih. Post saya sebelumnya yang masuk kedalam kategori Tips Trik gak sengaja kehapus. Ya kuranglebih 17 post kehaspus, termasuk post yang paling sering dibaca di blog ini, yaitu Cara Membersihkan Efek Pomade Dari Rambut. Tapi beruntunglah masih ada sisa chace di Google, jadi bisa di copy paste.



CARA MEMBERSIHKAN EFEK POMADE DARI RAMBUT

Pada umumnya aplikasi pomade non water base pada rambut (petroleum base) memberikan efek jangka panjang untuk beberapa hari ke depan untuk menjaga rambut tetap hold dan selalu bisa tertata rapi. Yang menjadi permasalahan dan bahkan menjadi rutinitas adalah kita akan disibukkan dengan istilah yang bernama ‘keramas’ atau mencuci rambut, dan aktifitas keramas ini pun tidak hanya cukup dilakukan sekali saja untuk menghilangkan efek pomade pada rambut. Bagi sebagian greaser, ini merupakan resiko manusiawi, namanya juga pomade (begitulah karakter pomade bila sudah nongkrong di rambut).

Namun, bagi sebagian greaser yang lain hal ini adalah ‘masalah’. Keramas satu kali kok masih ada saja nuansa aplikasi pomade sebelumnya. Caranya mudah saja, misalkan kita sedang menggunakan hard pomade petroleum base, cukup siapkan minyak (bukan minyak goreng tentunya), siapkan minyak zaitun sebagai contoh (dari segi manfaat pun bila digunakan pada rambut minyak satu ini lebih banyak manfaatnya).
  1. Nah sebelum keramas, gunakanlah minyak zaitun untuk keramas pertama, ratakan keseluruh rambut semerata mungkin diseluruh jangkauan bekas penggunaan pomade. Fungsi minyak ini (bukan manfaat buat rambut ya greaser) melunturkan atau melemahkan pomade yang ada pada rambut.
  2. Setelah minyak zaitun merata pada rambut, basuhlah rambut dengan menggunakan air hangat usahakan sampai pomade mulai luluh dan mulai luntur dari rambut.
  3. Usahakan sampai rambut mulai benar – benar terasa keset atau tidak licin di tangan (rasakan dengan ujung jari). Hal ini pertanda bahwa kesan minyak yang menempel pada rambut sudah hilang. Jika rambut sudah terasa keset dan tidak ada kesan berminyak lagi, bilas dan bersihkan untuk tahap selanjutnya.
  4. Langkah berikutnya mulai gunakan sampo seperti rutinitas keramas biasa untuk mengoptimalkan hasil bersih – bersih langkah sebelumnya supaya kesan minyak dari pomade yang terutama susah hilang dari rambut. Indikasi hasil optimal berupa busa keramas yang melimpah seperti kondisi normal tanpa pemakaian pomade.

Tidak hanya itu, cara kedua untuk menghilangkan efek pomade dari rambut bisa juga memakai haircream. Saya sendiri lebih enak menggunakan haircream daripada minyak zaitun, minyak zaitun biasa saya pakai pada saat gak memakai pomade, ya itung itung buat menambah nutrisi rambutlah. 


Prodak haircream yang biasa saya gunakan buat degrease yaitu Gatsby THC Haircream dan Jhonny Andrean Styling Cream (silahkan pilih salah satu). Caranya menggunakannya pun hampir sama saat seperti memakai pomade.
  1. Ambil beberapa scoop (kalau saya bisasa 3 kali scoop), lalu ratakan ditangan.
  2. Setelah rata, aplikasikan pada rambut sama seperti saat mengaplikasikan pomade.
  3. Setalah dirasa cukup rata, diamkan 10-15 menit.
  4. Lalu keramaslah seperti biasa.
  5. Langkah ini bersifat opsional, gunakanlah kondisioner setelah keramas dengan sampo. Sampo banyak juga yang sudah plus kondisioner untuk saat ini. Jadi jika langkah 4 sudah dirasa cukup dan rambut benar-benar bersih. Langkah 5 tidak menjadi wajib lagi. Semua kembali ke selera.
Update:
Setelah sekian lama mencoba-coba menurut saya ada cara paling simple untuk mebersihkan pomade. Caranya sebagai berikut:
  1. Jangan langsung bilas rambut dengan air, tetapi langsung tuangkan shampo ketangan dan usap-usap dikepala (busanya pasti dikit).
  2. Jika dirasa sudah merata barulah bilas dengan air.
  3. Lalu keramaslah seperti biasa.

Sedikit tambahan adalah bahwa karakter dasar rambut yang berbeda-beda (keriting, kaku, tebal, tipis) akan memberikan hasil optimal yang berbeda beda. 


Selamat mencoba !!
Previous
Next Post »

8 comments

Click here for comments
1 April 2015 at 17:49 ×

Terima kasih infonya, sangat bermanfaat bagi saya yang pengguna pomade juga. Ada rekomendasi gak untuk produk shampo yang bagus menghilangkan pomade?

http://syawalulamri.com/

Balas
avatar
admin
24 April 2015 at 15:28 ×

Saya sih pakai Tresemme beserta conditionernya. Selain itu bisa juga pakai shampo Lifebuoy.

Balas
avatar
admin
24 January 2016 at 00:04 ×

kalo menggunakan haircream merk clear bisa gak ya?

Balas
avatar
admin
3 February 2016 at 20:17 ×

sangat sangat bermanfaat banget gan artikelnya , terima kasih gan !

Balas
avatar
admin
10 February 2016 at 14:28 ×

Pake dove smooth sama kondisionernya gan.. Langsung lembut tuh rambut dan bebas dari pomade

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment