Membuat Horizontal Menu


Sistem navigasi yang baik dalam blog sangatlah diperlukan yang jelas-jelas dapat mempermudah pengunjung blog saat sedang menjelajahi isi blog kamu. Sistem navigasi ini bisa berupa Menu, baik horizontal maupun vertikal, atau berupa post yang dengan sedemikian rupa diubah menjadi halaman navigasi. Lalu, apa yg menarik dari Menu Horizontal Tab ini?



Menu Horizontal bisa menjadi alternatif buat Menu Vertikal biasanya dan bisa jadi ngebuat halaman blog jadi lebih hemat. Melihat dari pentingya keberadaan nya, Menu Horizontal Tab biasanya diletakkan di tempat yg mudah dilihat pengunjung. Di bawah Header contohnya.

1. Langkah pertama, masuk ke Layout > Edit HTML.

2. Masukkan kode CSS ke dalam template, gampangnya letakkan di atas kode ]]></b:skin>
#navigation{font-size:110%;height:2.2em;line-height:2.2em;margin:0 1px;color:#999;}#navigation li{float:left;list-style-type:none;border-right:1px solid #ccc;white-space:nowrap;}#navigation li a{display:block;padding:0 10px;font-size:0.8em;font-weight:normal;text-transform:uppercase;text-decoration:none;background-color:inherit;color: #999;}* html #navigation a {width:1%;}#navigation a:hover{background:#ccc;color:#fff;text-decoration:none;}

3. Selanjutnya cari kode ini:
<b:section class="header" id="header" maxwidgets="1" showaddelement=”no”>
Kalo engga ketemu cari section dengan class="header".Lalu ubah menjadi:<b:section class="header" id="header" maxwidgets="10" showaddelement="yes">

Ini dilakukan supaya kamu bisa memasukkan element di bawah bagian header blog kamu.

4. Lalu masuk ke Page Elements. Di bawah bagian Header, klik Add a Gadget. Pilih HTML/JavaScript

5. Masukkan kode2 ini ke dalamnya:
<div style="text-align: center;">
<div id="navigation">
<ul>
<li class="selected">
<a href="http://blogkamu.blogspot.com/">Home</a></li>
<li><a href="http://blogger-holic.blogspot.com/search/label/LABEL" >Link Label</a></li>
<li><a href="http://blogger-holic.blogspot.com/">Blogroll Links</a></li>
</ul>
</div>
</div>

6. Klik save.


Menu horizontal tab sebaiknya diisi dengan link yg bisa menjadi 'pintu2' bagi artikel lainnya. Contohnya dengan link menuju label tertentu. Dan jangan juga mengisi nya dengan terlalu banyak link, tentunya bakal bikin jadi penuh nantinya.


Update:
Ok, menu sudah terpasang, terus bagaimana caranya nambah isi link ke dalam menunya?
Caranya mudah aja koq..
tinggal tambahkan:
<li><a href="LINK_YANG_DIINGINKAN" >Anchor text</a></a></li>

diantara <ul> dan </ul>. Ubah LINK_YANG_DIINGINKAN dengan link yang akan dimasukkan ke dalam menu dan ubah Anchor text sesuai link yang dituju.



Previous
Next Post »