Menganalisa Kalimat Tidak Efektif Pada Sebuah Artikel

http://economy.okezone.com/read/2013/11/02/320/890992/jangan-semua-dibebankan-kepada-pengusaha

Setelah membaca artikel pada gambar tersebut saya menenumkan beberapa kalimat yang tidak efektif, diantaranya:

Kalimat Tidak Efektif :
"Apakah kita rela kehilangan banyak lapangan pekerjaan dan kita akan menjadi negara yang konsumen, kalau kita menjadi negara yang kaya, enggak kerja juga digaji ya enggak apa-apa kita jadi negara konsumen. Tapi kalau kita butuh lapangan pekerjaan untuk income dan untuk pajak dan lain-lain, kita butuh mempertahankan investor," tegasnya.
Kalimat Efektif :
“Apakah kita rela kehilangan banyak lapangan pekerjaan dan menjadi Negara yang konsumen, jika kita menjadi Negara yang kaya, tidak bekerja dan digaji tidak masalah menjadi Negara konsumen. Tetapi jika membutuhkan lapangan pekerjaan untuk income, dan pajak, kita perlu mempertahankan investor.”

Kalimat Tidak Efektif : 
"Saya kira begini, Saya tidak mau menuduh satu oknum, fakta ini kan sudah semuanya diketahui publik, jadi jangan dibantah oleh kalangan oknum, masalahnya kalau pemerintah tidak berani menegakkan hukum tuntutan yang tinggi tidak akan berjalan, tetapi kalau tidak berunding maka  akan kepada hukum. Harusnya masyarakat sekarang sadar lah bahwa mencari kerja ini kan enggak gampang," pungkasnya.

Kalimat Efektif :
"Menurut Saya, Saya tidak mau menuduh satu oknum, fakta ini sudah diketahui publik, jadi jangan dibantah oleh kalangan oknum. Apabila Pemerintah tidak berani menegakkan hukum, tuntutan yang tinggi tidak akan berjalan, tetapi jika tidak berunding maka akan kepada hukum. Harusnya saat ini masyarakat menyadari bahwa mencari pekerjaan itu tidak mudah."

Previous
Next Post »