Mencegah Stress Ditempat Kerja

Mengalami stress di tempat kerja? pasti kamu akan menjawab dengan kata-kata sering. Hemm stress di tempat kerja memang banyak yang mengalami. Biasanya terjadi karena beban pekerjaan yang cukup berat. Ternyata Stress dapat mempengaruhi kondisi kesehatan jantung, dimana pada kondisi stress adrenalin akan lebih tinggi yang dapat menjadi lonjakan tegangan bagi jantung anda. Ketidak stabilan jantung berdetak yang tidak menentu yang diakibatkan oleh stress ini jika berkepanjangan akan terjadi gangguan kesehatan bagi jantung. Wah ternyata strees berbahaya juga ya, apalagi jika strees secara terus-menerus. Tapi jangan khawatir kalau kamu bisa manajemen strees dengan baik hal itu tidak akan terjadi. Simak 10 Tips untuk mencegah stress ditempat kerja:

  1. Jangan menunda pekerjaan. Jangan sekali-kali menunda pekerjaan, semakin sering kamu menunda pekerjaan, maka pekerjaan akan semakin menumpuk. Alangkah baiknya kamu tidak menunda-nunda pekerjaan sehingga tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk dan dapat kamu akan terhindar dari stres.
  2. Mengadopsi gaya hidup sehat. Cobalah untuk mengganti menu makan yang tidak sehat ke menu makanan yang sehat. Usahakan berolahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja, saat kamu rajin berolahraga tubuh kamu menjadi sehat dan secara tidak langsung pikiran kamu menjadi jernih. Jangan lupa untuk selalu beristirahat yang cukup, tidurlah selama 7-8 jam perhari.
  3. Tahu keterbatasan kamu. Berusaha membuat semua orang menyenangi kamu. Sehingga melakukan lebih dari yang seharusnya dilakukan dan melebihi kemampuan. Hal ini akan menimbulkan stress. Belajarlah untuk bersikap tegas. Dan belajar berkata tidak tanpa mebuat orang tersinggung.
  4. Cari tahu apa yang menyebabkan Anda stres. Berhentilah sejenak dan lakukan meditasi untuk mencari tahu apa saja yang membuat kamu stress. Dan perbaiki itu.
  5. Hindari konflik yang tidak perlu. Sebisa mungkin hindarilah konflilk. Jika terjadi konfil carilah win-win solution.
  6. Terima hal-hal yang tidak dapat kamu mengubah.Terkadang kita selalu ingin mengubah semua hal sesuai dengan yang kita inginkan. Padahal tidak semuanya dapat diubah. Mengubah situasi yang sulit ini tidak selalu mungkin. Cobalah terima segala sesuatu sebagaimana adanya.
  7. Luangkan waktu untuk bersantai dan mengisi ulang baterai kamu. Ditengah-tengah kerja kamu merasa cobalah beristirahat sejenak dengan memejamkan mata beberapa menit. Kamu akan tampil lebih baik setelah istirahat.
  8. Cari waktu untuk bertemu teman-teman. Berkumpul dengan teman-teman membantu kita lebih rileks. Saat bersama teman-teman kamu bisa tertawa lepas tanpa beban. Hal ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sering habis selama stres. Stres ataupun gejala hormonal yang muncul karena pengaruh negatif tentunya memicu saraf dalam tubuh sehingga terjadi ketidak seimbangan organ tubuh dalam bekerja. Relaksasi membantu tubuh Anda kembali ke keadaan normal yang sehat. Teknik relaksasi yang baik meliputi latihan pernapasan, pijat dan berbagai terapi.
  9. Cobalah untuk melihat hal-hal secara berbeda. Jika ada sesuatu yang mengganggu pikiran, cobalah untuk berbicara kepada orang yang sekiranya dapat memecahkan masalah kamu. Seringkali, berbicara dengan orang lain dapat membantu kamu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda dan dapat menguragi stres.
  10. Hindari alkohol, nikotin dan kafein. Minuma itu aakan berefek dalam jangka panjang. Sebagai contoh, kafein adalah stimulan tubuh yang akan bereaksi terhadap respon stress.




Previous
Next Post »