TUGAS 4 BAHASA INDONESIA 2 : Barang Ekonomi


Barang atau komoditas dalam pengertian ekonomi adalah suatu objek atau jasa yang memiliki nilai. Nilai suatu barang akan ditentukan karena barang itu mempunyai kemampuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Dalam makro ekonomi dan akuntansi, suatu barang sering dilawankan dengan suatu jasa. Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.

Menurut cara memperolehnya, barang dapat dikelompokan menjadi:

  • Barang bebas, yakni barang yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Misal, cahaya matahari dan udara.
  • Barang illith, yakni barang yang jika terlalu banyak keberadaannya justru merugikan. Misal, air dalam peristiwa banjir.
  • Barang ekonomi, yakni barang yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Misal, makanan dan minuman yang mana diperlukan uang untuk membelinya.
Jumlah ketersedian dan permintaan dari barang ekonomi ini dapat memperngaruhi nilai jualnya. Semakin sulit diperoleh dan banyak permintaan nilai jualnya akan tinggi. Begitu juga sebaliknya, jika barang tersebut diperoleh dengan mudah dan kurang permintaan maka nilai jualnya rendah. Akan tetapi jika ketersedian barang dan permintaan barang seimbang nilai jualnya akan menyesuaikan dengan tingkat kualitas barang tersebut.



Daftar Pustaka


  • Pradana. dan Setyo, H.D. (2007). Yudishtira. Ekonomi Dasar.
  • Wikipedia. (2013). Barang. http://id.wikipedia.org/wiki/Barang (15 Juni 2015).
Previous
Next Post »
Thanks for your comment