Belajar COBOL (Part 1)

“COBOL? Apaan tuh?” itu pertanyaan dibenak gua pas pertama kali gua naik ke tingkat 2. Jujur gua gak tau apa-apa tentang si COBOL ini. Bermodalkan mbah Google dan tante Wiki akhirnya gua searching tentang nih makhluk. Akhirnya gua tau COBOL itu singkatan dari Common Business Oriented Language, adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga (tanya Orochimaru kalau gak tau generasi ketiga). Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain tapi tidak dengan urusan percintaan hahaha 

Oke kita mulai, karena dasarnya COBOL itu berjalan di Windows XP maka yang udah install Windows 7 gak bisa menjalankan COBOL. 

Wait….. Kata siapa gak bisa? Bisa kok, tenang aja.

Bagi yang memakai OS diatas Windows XP masih tetap bisa menjalakan COBOL dengan menggunakan DosBox. Contohnya kayak gua, disini gua pakai Windows 7 64bit.

Ingat, sebelumnya kita harus download si DosBox sama COBOLnya dulu. 

Oke, jika sudah didownload kita install DosBoxnya.

Setelah terinstall, kemudian kita extract COBOL.rar nya ke direktori yang kalian suka. Disini gua taro folder COBOLnya di C:\COBOL

Membuka COBOL

1. Buka DosBoxnya

2. Mount dengan perintah berikut


3. Tekan ENTER dan tara...... COBOL telah terbuka

"Udah gitu doang?" - Iya gan, namanya juga baru belajar membuka COBOL ;)
"Terus ngodingnya dimana?" - Nanti di part 2 gan :)



Oke sekian dulu yang bisa gua share, lanjut di part berikutnya ya.
Previous
Next Post »